Ramadan, Indosat Upgrade Kapasitas Trafik

Posting Oleh Syams Dani on Kamis, 28 Juni 2012

syamsdani-saadi.blogspot.com

Ramadan, Indosat Upgrade Kapasitas Trafik

Kapasitas SMS naik menjadi 1,4 miliar per hari.



SMS tercatat sebagai trafik tertinggi saat puasa dan lebaran (REUTERS/Benoit Tessier )

VIVAnews - Untuk antisipasi kenaikan trafik sepanjang Ramadan dan Lebaran tahun ini, Indosat telah meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan untuk SMS, voice dan data.

"Tahun ini kapasitas SMS kami naikkan menjadi 1,4 miliar SMS per hari. Kamiupgrade 200 juta dari sebelumnya. Data juga naik dari 100 Terabyte menjadi 120 Terabyte, dan voice menjadi 924 juta menit per hari," ujar Soemantri Joko Yuwono, Group Head Product Development and Management Indosat, dalam peluncuran program layanan Ramadan Indosat di Grand Indonesia, Kamis, 28 Juni 2012.

Pada  H-3 hingga H+2 Lebaran tahun lalu peningkatkan trafik terjadi di hampir semua layanan baik SMS, voice, maupun data. Adapun lonjakan trafik tertinggi terjadi pada layanan SMS.

Selama H-2 sampai H+2 tahun lalu, kenaikan terbesar di SMS yang mengalami kenaikan hampir 1 miliar dalam sehari. Trafiknya mencapai 958,5 juta SMS sehari atau naik 33,1 persen dibandingkan trafik hari biasa.

Kenaikan trafik voice tertinggi terjadi pada H-1 yang meningkat menjadi 412,3 juta menit atau naik 28,2 persen dibanding trafik hari biasa. Sementara untuk trafik data mencapai 29,33 Terabyte/day atau melonjak 13,5 persen dibanding trafik hari biasa.

Untuk tingkat keberhasilan trafik,  SMS Indosat on nett (sesama Indosat) mencapai 97,7 persen, SMS Indosat off net (ke operator lain) keberhasilannya mencapai 97,2 persen, trafik voice tercatat berhasil lebih dari 90 persen, dan data di atas 99 persen.

Sementara untuk trafik voice tertinggi pada Ramadan dan Lebaran tahun lalu yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, kemudian Sumatera Selatan. "SMS tertinggi Jawa Barat, Sumatera Selatan, dan Jawa Timur," katanya.

Pemantauan performa jaringan Indosat dilakukan melalui Lebaran Command Center, yang mulai beroperasi pada tanggal 27 Agustus-1 September 2012 dan beroperasi 24 jam penuh. (umi)


• VIVAnews
 


Artikel Terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar